Select language : EN | BH
Hubungi kami di
Gleneagles Hospital
Hubungi kami di
Mount Elizabeth Orchard
Mount Elizabeth Orchard
Gleneagles Hospital

Mayoritas prosedur pancreatectomy dilakukan untuk mengobati tumor atau kanker pankreas. Namun, pasien dengan peradangan pankreas yang kronis dapat mengambil cara ini untuk meringankan sakit perut kronis mereka.

Definisi Pancreatectomy

Pancreatectomy adalah pilihan kuratif untuk pengobatan kanker pankreas. Melalui prosedur ini, sebagian atau seluruh pankreas disingkirkan. Selain itu, operasi pancreatectomy juga memungkinkan ahli bedah menyingkirkan kandung empedu, usus, limpa, bagian perut, saluran empedu dan beberapa kelenjar getah bening. Sedangkan pancreatectomy parsial mengacu pada pengenyahan bagian-bagian tertentu dari pankreas, seperti: ekor (distal pancreatectomy), kepala (prosedur Whipple), atau badan (pancreatectomy median).

Prognosis Pancreatectomy

Pancreatectomy adalah operasi besar yang dikaitkan dengan tingkat komplikasi, mulai dari peluang 30% hingga 60%. Standar ini bahkan diberlakukan di pusat-pusat bedah terbaik dunia. Sedangkan pancreatectomy distal berhubungan dengan mortalitas 1-3%, sedangkan prosedur Whipple dikaitkan dengan mortalitas 3-5%.

Keputusan pancreatectomy hendaknya diambil setelah diskusi, yang disertai penjelasan keuntungan dan risiko yang mungkin terjadi. Pasien juga perlu tahu bahwa hasil terbaik dari operasi ini kerap diasosiasikan dengan keterlibatan ahli bedah dari pusat spesialis pankreas. Walau memiliki risiko, langkah ini tetap dianggap sebagai solusi kuratif untuk mengobati kanker pankreas.

Komplikasi Bedah Pancreatectomy

Seperti halnya tindakan bedah, pancreatectomy juga berpotensi mengakibatkan komplikasi. Baik itu komplikasi ringan sampai berat—yang mana bisa menyebabkan kematian. Komplikasi ini sangat tergantung dari bagian atau jaringan mana yang dioperasi.

Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi, antara lain:

  • Perdarahan
  • Fistula pankreas
    Dapat terjadi pada prosedur Whipple ataupun pancreatectomy distal. Fistula pankreas terjadi ketika jaringan pankreas tidak menyembuhkan diri dengan baik, sehingga cairan pankreas bocor ke perut. Jika fistula tidak terkontrol, tubuh pasien berpeluang alami syok dan kegagalan organ. Umumnya, mayoritas fistula pankreas dapat menyembuhkan dirinya dalam beberapa minggu.
  • Infeksi luka
    Pengenyahan seluruh bagian pankreas dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan endokrin, seperti: kesulitan dalam pencernaan, penurunan berat badan, diare (mencret) dan diabetes. Untuk menangani ini, dokter biasanya meresepkan obat prosedur pasca pancreatectomy.

Karena pankreas bertanggung jawab atas sekresi beberapa enzim pencernaan, bedah pankreas mungkin menyebabkan kebocoran enzymatic juice, cedera organ atau jaringan di sekitarnya.

Berdiskusilah seputar operasi pankreas atau kondisi pankreas Anda dengan dokter. Untuk hasil maksimal, banyak dokter merekomendasikan ahli bedah terbaik dan ditunjang oleh pusat-pusat spesialis penanganan pankreas.

Dr Victor Lee Tswen Wen

Senior Consultant Surgeon
MBBS (Singapura), FRCS (Edinburgh), MMed (Bedah), MSc (Bioinformatika),
FAMS (Bedah Umum)

Dr Victor Lee adalah dokter bedah yang berpraktik di Rumah Sakit Gleneagles Singapura dan Rumah Sakit Farrer Park. Spesialisasinya meliputi operasi besar organ hati, kandung empedu, saluran empedu dan pankreas. Dia juga menguasai teknik invasive minimal seperti laparoskopi untuk kantong empedu, operasi hernia dan juga teknik microwave ablasi untuk pasien yang tidak cocok untuk operasi terbuka.

Perawatan untuk kondisi hepatobilier,yang mempengaruhi hati dan kantong empedu,merupakan penanganan kompleks dan membutuhkan keahlian khusus untuk menangani secara efektif.

Untuk konsultasi atau mendapatkan penanganan, silahkan hubungi klinik kami di 6737 8878 atau kirim pesan kepada kami di sini.
Kesehatan anda adalah prioritas kami dan kami akan segera menghubungi Anda.

Top