Select language : EN | BH
Hubungi kami di
Gleneagles Hospital
Hubungi kami di
Mount Elizabeth Orchard
Mount Elizabeth Orchard
Gleneagles Hospital

Merasa memiliki kista pankreas? Anda dapat memastikannya dengan tes pencitraan yang canggih, seperti CT atau MRI scan.

Tapi, apa itu kista pankreas?

Asal penyakit ini adalah cairan yang memenuhi pankreas. Syukurlah, kista pankreas tidak selalu menjadi kanker. Meski begitu, tak ada salahnya untuk waspada. Sebab kemunculan kista pankreas merupakan faktor risiko, yang tidak menutup kemungkinan jadi kanker.

Kista pankreas yang dapat diklasifikasi ke dalam beberapa jenis. Di antaranya pseudokista pankreas dan kista neoplasma umum:

Kista neoplasma umum terdiri dari tiga jenis: kista serosa neoplasma (SCN), kista musinosa neoplasma (MCN), dan intraductal papilaris neoplasma musinosa (IPMN). Sedangkan untuk kista neoplasma tidak-umum terdiri dari dua jenis: solid pseudopapillary neoplasma epitel dan tumor dengan degenerasi kista – adenocarcinoma, tumor neuroendokrin.

Di antara jenis kista pankreas umum, ada dua tipe yang paling berisiko: intraductal neoplasma papilaris musinosa (IPMN) dan kista musinosa neoplasma (MCN). Kenapa? Karena dua jenis kista inilah yang berpotensi berkembang jadi kanker.

Penyebab Kista Pankreas

Tak ada penyebab pasti dari kista ini. Pseudokista pankreas dapat terjadi setelah pankreatitis (radang pankreas) atau setelah cedera perut. Kista pankreas juga terkait dengan kondisi genetik atau klinis tertentu, seperti penyakit von Hippel-Lindau.

Gejala Kista Pankreas

Umumnya, tanda-tanda penyakit ini bersifat asimtomatik. Terdeteksi secara kebetulan saat pemeriksaan kesehatan. Atau, ditemukan ketika pemeriksaan penyakit lain. Gejalanya bisa bervariatif, mulai dari yang ringan sampai berat—mirip dengan gejala kanker pankreas.

Masalah pencernaan, diabetes dan penyakit kuning adalah gejala yang mungkin timbul dari kista pankreas. Gejala lainnya seperti.

  • Nyeri perut Biasanya di bagian tengah atau atas perut, yang bisa meluas ke bagian punggung.

Dr Victor Lee Tswen Wen

Senior Consultant Surgeon
MBBS (Singapura), FRCS (Edinburgh), MMed (Bedah), MSc (Bioinformatika),
FAMS (Bedah Umum)

Dr Victor Lee adalah dokter bedah yang berpraktik di Rumah Sakit Gleneagles Singapura dan Rumah Sakit Farrer Park. Spesialisasinya meliputi operasi besar organ hati, kandung empedu, saluran empedu dan pankreas. Dia juga menguasai teknik invasive minimal seperti laparoskopi untuk kantong empedu, operasi hernia dan juga teknik microwave ablasi untuk pasien yang tidak cocok untuk operasi terbuka.

Perawatan untuk kondisi hepatobilier,yang mempengaruhi hati dan kantong empedu,merupakan penanganan kompleks dan membutuhkan keahlian khusus untuk menangani secara efektif.

Untuk konsultasi atau mendapatkan penanganan, silahkan hubungi klinik kami di 6737 8878 atau kirim pesan kepada kami di sini.
Kesehatan anda adalah prioritas kami dan kami akan segera menghubungi Anda.

Top