Select language : EN | BH
Hubungi kami di
Gleneagles Hospital
Hubungi kami di
Mount Elizabeth Orchard
Mount Elizabeth Orchard
Gleneagles Hospital

Gejala Radang Pankreas kronis

Pankreas adalah organ yang sangat penting dalam tubuh dan peradangannya dapat menyebabkan segudang masalah klinis seperti gangguan pencernaan atau rasa sakit yang sangat parah. peradangan kronis pada pankreas dikenal sebagai Radang pankreas kronis. Di bawah ini adalah beberapa gejala yang berkaitan dengan kondisi tersebut.

Berat badan dan Tinja yang berubah:
Pankreas bertugas untuk sintesis dan sekresi enzim yang membantu pencernaan dan penyerapan di usus. Ketika terdapat peradangan, maka tugas-tugas ini terganggu. Sebagai hasilnya, Radang pankreas kronis dapat menyebabkan penurunan berat badan, diare, mual dan muntah, tinja berminyak dan berwarna kecoklatan.

Nyeri perut dan punggung:
gejala umum lain dari Radang pankreas kronis adalah nyeri yang terus-menerus. Rasa sakit biasanya terasa pada perut bagian atas, dan bisa semakin parah. Namun, pasien bisa saja tidak merasakan sakit sama sekali, dan justru terdapat nyeri di punggung sebagai gantinya. Ketika makan dan minum, nyeri karena radang pankreas kronis akan semakin menjadi-jadi, khususnya ketika meminum minuman beralkohol.

Penyakit Diabetes:
Pankreas bertanggung jawab untuk produksi insulin. Perusakan sel pankreas dapat menyebabkan produksi insulin menurun, yang diperlukan untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Akibatnya, radang pankreas kronis dapat menyebabkan diabetes atau kencing manis.

Pengobatan radang pankreas kronis

Pengobatan radang pankreas kronis biasanya tergantung pada tahapan penyakit dan gejala penyakit tersebut.

  • Nyeri
    Obat penghilang rasa sakit dapat digunakan untuk pasien dengan nyeri yang sangat parah. Namun semakin lama, pasien-pasien tersebut bisa menjadi ketergantungan pada obat-obat semacam itu.
  • Gangguan pencernaan
    Pada fase yang akut, beberapa pasien bisa jadi tidak dapat makan dengan mulut. Dengan demikian, dokter dapat memasukan tabung ke mulut atau hidung untuk memberikan nutrisi langsung ke usus untuk penyerapan. Setelah itu, sedikit makanan tertentu dapat dimasukan ke mulut pasien. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan enzim pencernaan untuk membantu proses pencernaan.
  • Gejala diabetes
    Karena pankreas bertugas untuk sekresi insulin, maka ketika pankreas meradang atau rusak, pasien perlu untuk memakan obat anti-diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.

Operasi untuk Radang pankreas kronis

Untuk beberapa kasus gejala radang pankreas kronis, operasi dapat jadi pilihan. Beberapa operasi yang disarankan, Antara lain:

  • Bedah syaraf terjepit yang bertujuan menghilangkan rasa sakit.
  • Pancreaticojejunostomy (prosedur Drainase): Pancreaticojejunostomy adalah prosedur pembedahan yang bertujuan menghilangkan rasa sakit dengan menghilangkan sumbatan dan tekanan yang meningkat di pankreas. Biasanya, pasien tersebut memiliki batu pankreas atau penyempitan pankreas yang menyebabkan penyumbatan.

Operasi untuk mengatasi radang pankreas kronis juga dapat dilakukan pengangkatan pankreas dengan pilihan dibawah ini:

  • Pengangkatan pankreas sebagian
  • Pengangkatan pankreas seluruhnya

Pengangkatan sebagian atau seluruh pankreas telah terbukti dapat mengurangi rasa sakit pada pasien dengan radang pankreas kronis. Dalam kasus pengangkatan pankreas secara keseluruhan, transplantasi sel islet dapat menjadi pilihan untuk mencegah diabetes.

Diet Radang Pankreas Kronis

Penghapusan pankreas, baik sebagian atau seluruhnya, telah dicatat untuk mengurangi rasa sakit pada pasien dengan pankreatitis kronis. Dalam kasus penghapusan total pankreas, transplantasi sel islet dapat menjadi pertimbangan untuk mencegah diabetes.

Seiring dengan operasi radang pankreas kronis dan pengobatannya, perubahan pola makan dapat membantu mengelola paeas kronis. Berikut adalah beberapa perubahan pola makan umum yang bimbuat untuk membantu menibuhan pankreatitireas kronis.

  • Memperbanyak minum air setiap hari dan asupan cairan lainnya.
  • Makan dengan porsi kecil dan sering daripada porsi besar dan jarang.
  • Turunkan asupan kafein dan makanan yang mengandung kadar lemak.

Dr Victor Lee Tswen Wen

Senior Consultant Surgeon
MBBS (Singapura), FRCS (Edinburgh), MMed (Bedah), MSc (Bioinformatika),
FAMS (Bedah Umum)

Dr Victor Lee adalah dokter bedah yang berpraktik di Rumah Sakit Gleneagles Singapura dan Rumah Sakit Farrer Park. Spesialisasinya meliputi operasi besar organ hati, kandung empedu, saluran empedu dan pankreas. Dia juga menguasai teknik invasive minimal seperti laparoskopi untuk kantong empedu, operasi hernia dan juga teknik microwave ablasi untuk pasien yang tidak cocok untuk operasi terbuka.

Perawatan untuk kondisi hepatobilier,yang mempengaruhi hati dan kantong empedu,merupakan penanganan kompleks dan membutuhkan keahlian khusus untuk menangani secara efektif.

Untuk konsultasi atau mendapatkan penanganan, silahkan hubungi klinik kami di 6737 8878 atau kirim pesan kepada kami di sini.
Kesehatan anda adalah prioritas kami dan kami akan segera menghubungi Anda.

Top