Select language : EN | BH
Hubungi kami di
Gleneagles Hospital
Hubungi kami di
Mount Elizabeth Orchard
Mount Elizabeth Orchard
Gleneagles Hospital

Hipertensi Portal adalah kondisi naiknya tekanan darah dalam sistem vena porta, yakni vena penghubung hati dengan lambung, usus, limpa dan pankreas. Umumnya, penyakit ini disebabkan obstruksi hati, penyakit hati intrinsik, atau perubahan struktural yang memicu peningkatan resistensi pada hati atau aliran vena porta. Alhasil, tekanan menguat, hingga akhirnya terjadi dilations atau varises vena.

Tekanan dalam sistem portal tergantung pada:

  1. Aliran darah dari vena porta
  2. Resistensi hepar untuk keluar darah

Biasanya, tekanan vena porta berkisar antara 4 – 14 mm Hg lebih tinggi dari tekanan hepatik bebas-vena. Hipertensi portal terjadi bila tekanannya melebihi batas ini.

Gejala dan Penyebab?

Biasanya, penderita hipertensi portal tidak menunjukkan gejala apa pun sampai terjadi komplikasi.

Beberapa gejalanya termasuk:

  • Asites (merasa kembung akibat kelebihan cairan)
  • Muntah
  • Tinja berwarna gelap
  • Penyakit kuning
  • Koagulopati
  • Ensefalopati hepatik (kebingungan mental)
  • Tekanan darah sistolik rendah (antara 100 -110 Mm Hg)
  • Dinding pembuluh vena melebar
  • Jumlah trombosit rendah

Beberapa penyebab umum dari hipertensi portal meliputi:

  • Sirosis hati
  • Trombosis vena porta
  • Infeksi hati
  • Sindrom Budd-chiari

Diagnosis dan Pilihan Pengobatan?

Bila Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera temui dokter untuk memastikan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, sejarah medis, gejala, hingga pertanyaan-pertanyaan seputar anggota keluarga pasien.

Tidak semua diagnosis hipertensi portal berjalan mudah. Untuk kasus yang sulit, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan invasif atau pengujian untuk mengukur tekanan vena atau mengevaluasi jaringan hati.

Portal Hypertension Treatment

Pengobatan hipertensi portal, umumnya, terkait dengan mengendalikan gejala penyakit. Salah satunya adalah adalah perdarahan. Jika tidak segera diobati, komplikasi parah bisa terjadi.

Tiga pilihan yang kerap dianjurkan dokter untuk mengobati hipertensi portal, antara lain:

  1. Diet dan gaya hidup sehat:
    Perubahan pola makan sangat membantu dalam mengobati hipertensi portal. Kurangi asupan garam, protein, dan jauhi alkohol. Hal ini ditujukan untuk mengontrol tekanan darah, mengurangi tingkat keparahan hipertensi dan kerusakan hati lebih lanjut.
  2. Radiologi dan prosedur bedah:
    Dua metode ini dianggap sebagai pilihan pertama untuk mengurangi dan mencegah perdarahan akibat hipertensi portal, termasuk sclerotherapy dan banding.

Jika tidak berhasil?

Dokter biasanya merekomendasikan TIPS dan DSRS.

Transjugular intrahepatik portosystemic Shunt (TIPS):
adalah metode yang bertujuan untuk menurunkan hipertensi portal dan pembekuan darah dengan memasukkan stent (atau perangkat seperti tabung) ke hati.

Sedangkan Distal Splenorenal Shunt (DSRS):
adalah prosedur bedah yang mengendalikan tekanan dan perdarahan, dengan membuat rute saluran antara ginjal kiri dan limpa. Dengan demikian, sirkulasi portalnya dapat menurun.

Bersamaan:
dengan prosedur-prosedur lainnya, dokter juga mungkin meresepkan sejumlah obat-obatan untuk pasien.

Komplikasi Terkait Pengobatan?

Pengobatan hipertensi portal dapat menyebabkan komplikasi tertentu, termasuk ensefalopati dan ascites. Untuk mengetahui lebih lanjut, hubungi dokter Anda!

Mengingat hipertensi portal, kadang-kadang, diasosiakan dengan sirosis hati dan bisa menyebabkan perdarahan, termasuk gejala lain seperti ascites, sangat penting untuk mendapatkan bimbingan dari dokter yang berkualitas.

Dr Victor Lee Tswen Wen

Senior Consultant Surgeon
MBBS (Singapura), FRCS (Edinburgh), MMed (Bedah), MSc (Bioinformatika),
FAMS (Bedah Umum)

Dr Victor Lee adalah dokter bedah yang berpraktik di Rumah Sakit Gleneagles Singapura dan Rumah Sakit Farrer Park. Spesialisasinya meliputi operasi besar organ hati, kandung empedu, saluran empedu dan pankreas. Dia juga menguasai teknik invasive minimal seperti laparoskopi untuk kantong empedu, operasi hernia dan juga teknik microwave ablasi untuk pasien yang tidak cocok untuk operasi terbuka.

Perawatan untuk kondisi hepatobilier,yang mempengaruhi hati dan kantong empedu,merupakan penanganan kompleks dan membutuhkan keahlian khusus untuk menangani secara efektif.

Untuk konsultasi atau mendapatkan penanganan, silahkan hubungi klinik kami di 6737 8878 atau kirim pesan kepada kami di sini.
Kesehatan anda adalah prioritas kami dan kami akan segera menghubungi Anda.

Top