Select language : EN | BH
Hubungi kami di
Gleneagles Hospital
Hubungi kami di
Mount Elizabeth Orchard
Mount Elizabeth Orchard
Gleneagles Hospital

Hati adalah salah satu organ tubuh paling penting bagi manusia. Hati membersihkan darah dari zat-zat berbahaya. Hati menyaring dan memisahkan racun, membuangnya bersama kotoran. Membuat empedu yang kemudian memfasilitasi pencernaan lemak dan produksi berbagai protein dengan menyimpan glikogen (atau gula). Masih banyak lagi fungsi hati yang tak bisa disebutkan satu per satu. Menurut literatur medis, organ ini setidaknya memiliki dari 500 fungsi, termasuk produksi energi, melawan infeksi, dan menindaklanjuti makanan yang telah dicerna.

Apa itu Kanker Hati?

Kanker hati adalah suatu kondisi medis yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal sel-sel hati. Kanker hati dibagi menjadi dua klasifikasi: kanker hati primer, kanker hati sekunder. Kanker hati primer berasal dari organ hati, sedangkan kanker hati sekunder—atau metastasis—adalah kondisi di mana kanker dari organ lain menyebar ke dalam hati.

Siapa Saja yang Berisiko?

Kanker hati rawan diderita penderita hati berlemak (fatty liver disease), kerap pengonsumsi alkohol, pengidap sirosis hati, hepatitis B atau C, dan penyakit-penyakit hati lainnya. Risiko juga meningkat bila Anda berasal dari keluarga dengan riwayat menderita kanker hati atau hepatitis. Sedangkan untuk jenis kelamin, menurut survei, laki-laki lebih rentan terkena kanker ini dibanding perempuan.

Apa Saja Gejala Kanker Hati?

Pada tahap awal, seseorang yang mengidap kanker hati mungkin tidak menunjukan tanda apa pun. Gejala justru baru terlihat ketika organ hati mulai membengkak.

Beberapa gejala umumnya adalah:

  • Benjolan di bawah tulang rusuk (di sisi kanan perut)
  • Rasa sakit dekat dengan bahu kanan atau di sisi kanan perut
  • Kulit kekuningan atau terkena sakit kuning
  • Penurunan berat badan tiba-tiba, yang tidak dapat dijelaskan
  • Kelelahan, mual, kehilangan nafsu makan
  • Warna urine kecoklatan atau seperti warna teh

Tahapan-Tahapan Kanker Hati?

Kanker hati mempunyai empat tahapan.

Tahap 1

Di tahap ini, hanya satu tumor ditemukan. Tumor belum menyebar ke bagian atau organ tubuh lainnya.

Tahap 2

Tumor dapat berbentuk singular (tumbuh di dalam pembuluh darah atau organ hati) atau berbentuk sejumlah tumor dengan ukuran 5 cm atau kurang. Keberadaannya di luar pembuluh darah.

Tahap 3

Ada tiga stadium dalam Tahap III ini. Stadium IIIA, yakni tahap tumor tumbuh lebih dari satu, dengan salah satu tumor—setidaknya—berukuran lebih dari 5 cm. Stadium IIIB, kanker tumbuh menjadi vena hepatica atau vena portal. Sedangkan stadium IIIC, kanker telah menyebar ke seluruh organ internal perut atau organ liver terdekat.

Tahap 4

Di tahap terakhir ini, kanker bisa berukuran apa saja. Menyebar ke bagian tubuh vital lainnya, seperti: paru-paru, tulang, pembuluh darah, atau kelenjar getah bening.

Bagaimana Mengobati Kanker Hati?

Tindakan bedah, transplantasi hati atau reseksi hati (pengangkatan tumor) dianggap curative atau mampu menyembuhkan penyakit ini. Teknik ablasi terbaru, termasuk radiofrequency ablation atau microwave ablation, berpeluang menghilangkan tumor selama: berukuran kurang dari 3 cm dan terletak di titik “menguntungkan” dalam hati. Serupa dengan jenis-jenis kanker lainnya, kanker hati bisa dienyahkan dengan menghapus jaringan atau bagian yang terkena kanker. Dalam beberapa kasus, hati bahkan dapat sepenuhnya diganti dengan organ hati yang baru (prosedur transplantasi hati).

Sedangkan untuk opsi palliative, Anda bisa mencoba Transarterial chemoembolization, terapi radiasi internal dengan Yttrium-90, injeksi etanol perkutan, atau kemoterapi oral (sorafenib). Opsi-opsi ini dianggap mampu mengendalikan kanker, tapi tidak dianggap curative. Dokter biasanya membahas pilihan ini bila tindakan bedah tidak cocok untuk pasien. Untuk membunuh sel-sel kanker dan mencegahnya kambuh lagi di masa depan, kemoterapi atau terapi radiasi dapat digunakan membunuh, sekaligus mencegah sel-sel kanker kambuh lagi di masa mendatang.

Hindari atau deteksi kanker hati dengan memeriksakan diri Anda, segera. Hubungi kami untuk mengetahui cara mencegah dan pengobatan yang komprehensif!

Dr Victor Lee Tswen Wen

Senior Consultant Surgeon
MBBS (Singapura), FRCS (Edinburgh), MMed (Bedah), MSc (Bioinformatika),
FAMS (Bedah Umum)

Dr Victor Lee adalah dokter bedah yang berpraktik di Rumah Sakit Gleneagles Singapura dan Rumah Sakit Farrer Park. Spesialisasinya meliputi operasi besar organ hati, kandung empedu, saluran empedu dan pankreas. Dia juga menguasai teknik invasive minimal seperti laparoskopi untuk kantong empedu, operasi hernia dan juga teknik microwave ablasi untuk pasien yang tidak cocok untuk operasi terbuka.

Perawatan untuk kondisi hepatobilier,yang mempengaruhi hati dan kantong empedu,merupakan penanganan kompleks dan membutuhkan keahlian khusus untuk menangani secara efektif.

Untuk konsultasi atau mendapatkan penanganan, silahkan hubungi klinik kami di 6737 8878 atau kirim pesan kepada kami di sini.
Kesehatan anda adalah prioritas kami dan kami akan segera menghubungi Anda.

Top