Select language : EN | BH
Hubungi kami di
Gleneagles Hospital
Hubungi kami di
Mount Elizabeth Orchard
Mount Elizabeth Orchard
Gleneagles Hospital

Apa itu Hernia?

Hernia biasanya terjadi ketika organ dalam seseorang dalam kondisi tertekan atau terdorong melewati titik lemah di sekitar jaringan otot atau jaringan fascia (penyambung). Hernia biasa terjadi di sekitar wilayah kunci paha dan dinding perut.

Apa itu Hernia Paraumbilikalis?

Hernia yang terjadi dekat pusar atau umbilikus disebut dengan hernia paraumbilikalis atau hernia umbilikalis. Dalam kondisi ini, dinding pusar dan perut mengalami kerusakan. Pada umumnya, pada bayi, lubang pusar atau pusar cenderung menutup segera setelah bayi lahir. Namun dalam kasus hernia umbilikalis, otot-otot perut gagal menyatu sementara jaringan kulit dan usus-usus di sekitar pusar menonjol melewati titik lemah dekat umbilikus. Ini artinya, hernia umbilikalis umumnya terjadi ketika otot perut terbuka yang menyebabkan tali pusar atau umbilikalis bisa tembus.

Umumnya Hernia Umbilikalis tidak menyebabkan ketidaknyamanan ataupun rasa sakit. Namun ukurannya bisa makin lama makin melebar sehingga benjolan menyesuaikan posisinya tanpa perlu diambil tindakan Hernia apapun terutama pada bayi berumur dua (atau tiga) tahun. Bagaimanapun, jika hernia umbilikalis masih berlangsung hingga usia 4 tahun, mungkin diperlukan operasi.

Ketika isi perut menjorok ke luar, bersamaan dengan usus dan lemak mesenterika, kondisi ini sudah bisa disebut Hernia Paraumbilikalis. Ia biasa terjadi pada ligament atau otot-otot dekat pusar yang setelah pemeriksaan dinilai sebagai titik-titik lemah. Ini menyebabkan ketidaknyamanan karena jaringan lemak terperangkap di satu tempat, yang terlihat sebagai benjolan yang bisa dilihat kasat mata ataupun dirasakan.

Jika Hernia Umbilikalis umumnya terjadi pada anak-anak baru lahir, maka Hernia Paraumbilikalis umumnya terjadi pada orang dewasa.

Faktor-faktor penyebab yang potensial?

Hernia umbilikalis ataupun paraumbilikalis pada orang dewasa bisa terjadi secara berkala karena beberapa faktor berikut:

  • Kegemukan
  • Malformasi congenital umbilikus
  • Kehamilan berkala atau kehamilan kembar
  • Operasi perut
  • Penumpukan cairan pada rongga perut pasien
  • Batuk yang berkepanjangan
  • Mengejan perut secara kronis ketika pipis atau bergerak

Apa opsi tindakan yang terbaik?

  • Begitu Hernai Umbilikalis gagal memulihkan diri hingga anak berusia tempat tahun, rasa sakit muncul, dan jika ukurannya lebih besar dari 1,5 cm, maka operasi perlu dilakukan bagi anak tersebut.
  • Dalam kasus orang dewasa, pasien dianjurkan mengurangi berat badan dan direkomendasikan operasi untuk menghindari risiko strangulasi.

Apakah ada komplikasi jika operasi dilakukan?

Pemulihan Hernia Paraumbilikalis pasca operasi biasanya berlansung hingga beberapa pecan. Aktivitas harian hendaklah dibatasi paling tidak untuk dua minggu berikutnya.

Meski jarang terjadi komplikasi dari operasi, namun ada beberapa masalah seperti:

  1. Hernia bisa kumat kembali (rekurensi) setelah beberapa waktu
  2. Luka bekas operasi bisa terinfeksi karena itu perlu antibiotik.
  3. Pasien merasa tak enak badan atau sakit kepala atau rasa kebal di bagian kaki beberapa jam setelah operasi.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Spesialis Hernia dan dapatkan pertolongan segera!

Dr Victor Lee Tswen Wen

Senior Consultant Surgeon
MBBS (Singapura), FRCS (Edinburgh), MMed (Bedah), MSc (Bioinformatika),
FAMS (Bedah Umum)

Dr Victor Lee adalah dokter bedah yang berpraktik di Rumah Sakit Gleneagles Singapura dan Rumah Sakit Farrer Park. Spesialisasinya meliputi operasi besar organ hati, kandung empedu, saluran empedu dan pankreas. Dia juga menguasai teknik invasive minimal seperti laparoskopi untuk kantong empedu, operasi hernia dan juga teknik microwave ablasi untuk pasien yang tidak cocok untuk operasi terbuka.

Perawatan untuk kondisi hepatobilier,yang mempengaruhi hati dan kantong empedu,merupakan penanganan kompleks dan membutuhkan keahlian khusus untuk menangani secara efektif.

Untuk konsultasi atau mendapatkan penanganan, silahkan hubungi klinik kami di 6737 8878 atau kirim pesan kepada kami di sini.
Kesehatan anda adalah prioritas kami dan kami akan segera menghubungi Anda.

Top