Select language : EN | BH
Hubungi kami di
Gleneagles Hospital
Hubungi kami di
Mount Elizabeth Orchard
Mount Elizabeth Orchard
Gleneagles Hospital

Penyakit hernia inguinalis dapat menyebabkan ketidaknyamanan, bahkan dapat mengakibatkan komplikasi serius jika tidak ditangani. Hernia inguinalis merupakan penonjolan jaringan perut dari otot perut yang melemah di daerah selangkangan. Hal ini dapat menyebabkan tonjolan yang menyakitkan dalam beberapa kasus.

Dua operasi utama untuk pengobatan hernia inguinalis adalah pembedahan terbuka dan operasi laparoskopi.

Operasi Terbuka Hernia inguinalis

Operasi terbuka hernia inguinalis mencakup tiga jenis operasi. Dokter bedah akan memutuskan mana operasi yang lebih cocok untuk pasien tergantung pada situasi atau jenis hernia.

  • Herniotomi
    Herniotomi melibatkan pengangkatan kantung hernia, tanpa memperbaiki kanalis inguinalis. Dokter bedah Anda pertama-tama akan memotong kantung hernia dan mengikat bagian yang menonjol, kemudian mendorong kembali ke dalam perut. Pengangkatan seluruh kantung hernia akan mencegah kambuhnya hernia. Biasanya, pembedahan ini dilakukan untuk anak-anak.
  • Herniorafi
    Operasi ini melibatkan herniotomi (pengangkatan kantung hernia) dan penguatan dinding perut posterior. Dokter bedah Anda akan mengurangi bagian yang menonjol kembali ke perut, kemudian menjahit otot bawah tempat hernia berada pada perut.
  • Hernioplasti
    Jenis ketiga bedah terbuka hernia inguinalis adalah hernioplasti yang melibatkan herniotomi (pengangkatan kantung hernia) dan penguatan dinding perut posterior dengan mesh. Selain mendorong kembali hernia Anda ke perut, dokter bedah Anda akan menempatkannya pada mesh (penambalan) yang mencegah kambuhnya hernia. Mesh membantu mengurangi beban pada bagian perut yang lemah.

Bagaimana Prosedur Operasi Laparoskopi

Dalam prosedur ini, dokter bedah akan membuat sayatan kecil di daerah hernia. Kemudian, akan dimasukkan tabung tipis, kamera kecil, dan mesh. Secara internal dan tanpa perlu sayatan besar pada perut, mesh ditempatkan di bawah bagian hernia.

Bagaimana Prosedur Operasi Laparoskopi?

Dalam prosedur ini, dokter bedah akan membuat sayatan kecil di daerah hernia. Kemudian, akan dimasukkan tabung tipis, kamera kecil, dan mesh. Secara internal dan tanpa perlu sayatan besar pada perut, mesh ditempatkan di bawah bagian hernia.

Indikasi Operasi Laparoskopi Hernia inguinalis

Di tangan ahli, hasil operasi laparoskopi mirip dengan hasil pembedahan terbuka, dengan tingkat kekambuhan yang sama. Operasi perbaikan laparoskopi umumnya lebih disukai oleh pasien yang memiliki riwayat pembedahan terbuka karena menghindari operasi melalui jaringan bekas luka dari operasi sebelumnya.

Hernia inguinalis adalah kondisi umum yang membutuhkan pembedahan. Operasi laparoskopi sesuai dengan sebagian besar kasus dan memungkinkan pemulihan lebih cepat pada pasien.

Dr Victor Lee Tswen Wen

Senior Consultant Surgeon
MBBS (Singapura), FRCS (Edinburgh), MMed (Bedah), MSc (Bioinformatika),
FAMS (Bedah Umum)

Dr Victor Lee adalah dokter bedah yang berpraktik di Rumah Sakit Gleneagles Singapura dan Rumah Sakit Farrer Park. Spesialisasinya meliputi operasi besar organ hati, kandung empedu, saluran empedu dan pankreas. Dia juga menguasai teknik invasive minimal seperti laparoskopi untuk kantong empedu, operasi hernia dan juga teknik microwave ablasi untuk pasien yang tidak cocok untuk operasi terbuka.

Perawatan untuk kondisi hepatobilier,yang mempengaruhi hati dan kantong empedu,merupakan penanganan kompleks dan membutuhkan keahlian khusus untuk menangani secara efektif.

Untuk konsultasi atau mendapatkan penanganan, silahkan hubungi klinik kami di 6737 8878 atau kirim pesan kepada kami di sini.
Kesehatan anda adalah prioritas kami dan kami akan segera menghubungi Anda.

Top