Select language : EN | BH
Hubungi kami di
Gleneagles Hospital
Hubungi kami di
Mount Elizabeth Orchard
Mount Elizabeth Orchard
Gleneagles Hospital

TAHUKAH KAMU?

Kantung empedu terletak tepat di bawah hati Anda, yaitu di sisi kanan atas perut. Oleh karena itu, orang yang tepat untuk mengobati dan melakukan tindakan operasi pada kantung empedu adalah seorang spesialis bedah hati seperti Dr Victor Lee!

OPERASI LUBANG KUNCI ATAU OPERASI MINIMAL INVASIF UNTUK MENGANGKAT KANTUNG EMPEDU

Dr Victor Lee adalah salah satu ahli bedah terbaik yang menangani operasi lubang kunci pada kantung empedu. Antara tahun 2013 dan 2014, Ia telah melakukan 192 operasi kantung empedu tanpa mortalitas 30 hari. Dr Victor Lee terkenal dengan penanganan luka operasi yang minimal dan pasien yang pulih dengan cepat. Pasien dapat pulang pada hari yang sama dengan hari operasi. Untuk kasus tertentu, pasien dapat juga pulang satu hari setelah operasi.

Laparoskopi Kolesistektomi

Laparoskopi kolesistektomi adalah prosedur medis untuk mengangkat kantong empedu melalui teknik laparoskopi atau lubang kunci. Operasi ini dilakukan dengan bantuan kamera video dan instrumen bedah invasif lainnya.

Biasanya, mayoritas masalah kandung empedu disebabkan oleh batu empedu—yang terbentuk dari garam empedu dan kolesterol. Secara tradisional, kandung empedu disingkirkan dengan membuat sayatan panjang 5 sampai 8 inchi di daerah perut. Seiring dengan perkembangan teknologi medis, laparoskopi kolesistektomi dianggap sebagai metode standar terbaru. Selama operasi, laparoskop (sebuah perangkat yang digunakan untuk melihat organ internal) digunakan untuk mengenyahkan kantong empedu. Hal ini dilakukan melalui 3 (tiga) bekas tusukan, yang masing-masing berukuran 5-10 mm.

Teknik Laparoskopi Kolesistektomi

Kecanggihan operasi laparoskopi kolesistektomi dianggap melampaui pencapaian pencapaian prosedur-prosedur operasi di masa lalu. Dua teknik yang paling umum dari kolesistektomi laparoskopi:

Standar Laparoskopi Kolesistektomi: Prosedur ini banyak digunakan oleh ahli bedah dengan menggunakan 4 port. Dua port berukuran 10mm, sedangkan dua lainnya berukuran 5mm. Potongan 10mm pertama digunakan untuk memasukkan teleskop, sementara pemotongan 10mm kedua adalah port utama dokter bedah. Untuk port 5mm, satu terletak di daerah lumbal—untuk traksi kandung empedu fundus, sedangkan yang lain digunakan sebagai port tangan kiri ahli bedah. Teknik ini juga disebut sebagai 10-10-5-5 atau 4 port standar kolesistektomi laparoskopi.

Dimodifikasi Laparoskopi Kolesistektomi: Prosedur ini relatif kurang menyakitkan dan, secara kosmetik, lebih baik dibandingkan dengan kolesistektomi laparoskopi standar. Penyebabnya adalah pengurangan jumlah atau ukuran port. Misalnya, panjang pemotongan (atau sayatan) dapat dikurangi dari 10mm menjadi 5mm. Dari 4 port menjadi 3 port saja, tentunya dengan rasa sakit yang lebih sedikit.

Manfaat Laparoskopi Kolesistektomi
  1. Lebih sedikit rasa sakit
  2. Hanya 3 luka kecil, masing-masing berukuran 5 mm hingga 10mm saja. Bandingkan dengan panjang sayatan operasi terdahulu yang bisa mencapai 5 hingga 8 inchi
  3. Secara kosmetik, jauh lebih baik daripada operasi terbuka
  4. Luka lebih cepat sembuh, sehingga pasien bisa beraktivitas normal dalam beberapa hari
  5. Dalam beberapa kasus, pasien bahkan mungkin pulang pada hari yang sama setelah operasi

Komplikasi Asosiasi Laparoskopi Kolesistektomi

Seperti halnya operasi bedah, laparoskopi kolesistektomi juga memiliki risiko dan komplikasi. Meski begitu, poin-poin berikut sangat jarang terjadi bila operasi dilakukan oleh ahli bedah yang terlatih dan berpengalaman.

  1. Cedera pada saluran empedu
  2. Infeksi luka
  3. Perdarahan yang berlebihan selama operasi
  4. Jantung atau masalah medis lainnya
  5. Konversi untuk membuka operasi

Laparoskopi kolesistektomi dapat dilakukan oleh ahli bedah yang terlatih, bahkan untuk kasus batu empedu yang besar, infeksi kandung empedu sebelumnya, atau kolesistitis akut. Sehingga, sangat penting bagi pasien untuk mendiskusikan perihal operasi ini dengan ahli bedah yang mempunyai pengalaman dan track record keberhasilan.

Jika Anda didiagnosis memiliki batu empedu, segera temui dokter untuk mengetahui lebih dalam mengenai bedah laparoskopi kolesistektomi!

Dr Victor Lee Tswen Wen

Senior Consultant Surgeon
MBBS (Singapura), FRCS (Edinburgh), MMed (Bedah), MSc (Bioinformatika),
FAMS (Bedah Umum)

Dr Victor Lee adalah dokter bedah yang berpraktik di Rumah Sakit Gleneagles Singapura dan Rumah Sakit Farrer Park. Spesialisasinya meliputi operasi besar organ hati, kandung empedu, saluran empedu dan pankreas. Dia juga menguasai teknik invasive minimal seperti laparoskopi untuk kantong empedu, operasi hernia dan juga teknik microwave ablasi untuk pasien yang tidak cocok untuk operasi terbuka.

Perawatan untuk kondisi hepatobilier,yang mempengaruhi hati dan kantong empedu,merupakan penanganan kompleks dan membutuhkan keahlian khusus untuk menangani secara efektif.

Untuk konsultasi atau mendapatkan penanganan, silahkan hubungi klinik kami di 6737 8878 atau kirim pesan kepada kami di sini.
Kesehatan anda adalah prioritas kami dan kami akan segera menghubungi Anda.

Top