Select language : EN | BH
Hubungi kami di
Gleneagles Hospital
Hubungi kami di
Mount Elizabeth Orchard
Mount Elizabeth Orchard
Gleneagles Hospital

Dikenal dengan nama “cholangiocarcinoma”, tumor Klatskin adalah sejenis kanker saluran empedu. Walau ukurannya tidak besar, tumor ini bersifat ganas, dapat menyebabkan obstruksi pada saluran empedu intrahepatik dan penyakit kuning.

Selain di saluran empedu, umumnya tumor ini berkembang di bagian empedu pusat. Mengingat lokasi tumbuhnya, tumor ini baru menunjukkan gejala pada tahap lanjut. Alhasil, eksistensinya sulit untuk dilacak dini. Tapi, ada juga tumor klatskin yang menyebabkan sakit kuning di tahap awal, sehingga mendorong pasien mencari bantuan medis lebih awal.

Idealnya, untuk mengatasi, tindakan reseksi lengkap harus dilakukan. Untuk pasien tertentu, transplantasi hati dapat menjadi pilihan perawatan. Prognosis terkait tumor ini, secara keseluruhan, tidak bisa diandalkan. Pasien disarankan untuk fokus pada tindakan bedah dan endoskopi terbaru yang terbukti lebih dapat mengontrol penyakit ini.

Epidemiologi dan Kategori

Tumor Klatskin bukanlah kasus tumor yang umum. Namun, untuk kawasan Asia, penyakit ini lebih rentan terjadi—terutama bagi laki-laki dan pasien usia lanjut di atas 50 tahun. Sekitar 25% dari tumor ini terdiri dari cholangiocarcinomas. Sedangkan sisanya muncul di organ hati atau saluran empedu distal.

Klatskin Tumour Staging

Tipe tumor klatskin dapat ditentukan dengan sistem Bismuth-Corlette.

Sistem ini mengklasifikasi tumor Klatskin menjadi empat tipe utama, berdasarkan lokasi tumbuhnya. Antara lain:

  • Type 1 Klatskin tumours: tumor berada di saluran hepatik umum, tetapi jauh dari lokasi di mana saluran hepatik bertemu.
  • Type 2 Klatskin tumours: tumor ini berkembang di duktus hepatik umum, di mana bagian kiri dan kanan saluran hati bertemu.
  • Type 3 Klatskin tumours: tumor tipe ini terletak di salah satu saluran hati.
  • Type 4 Klatskin tumours: tumor terdeteksi di bagian kiri dan kanan saluran hati.

Klatskin Tumour Diagnosis

Untuk diagnosis dan melakukan penilaian tumor, tes radiografi perlu dilakukan. Idealnya, konfirmasi histologis atau jaringan, radiologis, atau biopsi bedah dapat dilakukan. Namun, sering kali, untuk konfirmasi histologis tidak selalu memungkinkan.

  1. MRI/MRCP. MRCP akan membantu menentukan lokasi tumor dan perencanaan bedah.
  2. Percutaneous transhepatik cholangiography (PTC). Prosedur radiologi ini memasukkan sebuah tabung eksternal untuk mengalirkan empedu. Memberikan gambaran anatomi saluran empedu untuk perencanaan bedah
  3. Endoskopi retrograde cholangiopancreatography (ERCP). Membantu menempatkan stent bilier internal untuk mengalirkan empedu, sekaligus mendapatkan jaringan tumor untuk biopsi

Jika Anda didiagnosis terkena tumor klatskin, segera berkonsultasi dengan dokter bedah hepatobilier. Sekitar 30-40% dari tumor ini bisa direseksi, sehingga pasien memiliki harapan hidup lebih baik dibanding yang tidak melakukan.

Dr Victor Lee Tswen Wen

Senior Consultant Surgeon
MBBS (Singapura), FRCS (Edinburgh), MMed (Bedah), MSc (Bioinformatika),
FAMS (Bedah Umum)

Dr Victor Lee adalah dokter bedah yang berpraktik di Rumah Sakit Gleneagles Singapura dan Rumah Sakit Farrer Park. Spesialisasinya meliputi operasi besar organ hati, kandung empedu, saluran empedu dan pankreas. Dia juga menguasai teknik invasive minimal seperti laparoskopi untuk kantong empedu, operasi hernia dan juga teknik microwave ablasi untuk pasien yang tidak cocok untuk operasi terbuka.

Perawatan untuk kondisi hepatobilier,yang mempengaruhi hati dan kantong empedu,merupakan penanganan kompleks dan membutuhkan keahlian khusus untuk menangani secara efektif.

Untuk konsultasi atau mendapatkan penanganan, silahkan hubungi klinik kami di 6737 8878 atau kirim pesan kepada kami di sini.
Kesehatan anda adalah prioritas kami dan kami akan segera menghubungi Anda.

Top